Senin, 22 November 2010

Manfaat Organisasi Harus Dapat Dirasakan oleh Seluruh Anggota

Jakarta, 22 November 2010

Dalam setiap event besar HIPMI Jaya, seringkali saya melihat wajah-wajah rekan-rekan HIPMI Jaya yang cenderung jarang saya lihat. Kadang kita hanya sekedar saling menyapa atau terkadang terlibat dalam suatu percakapan. Umumnya saya sering ditanya:

Seorang rekan : "Bagaimana, Rul, loe kayaknya aktif di HIPMI ya?"
Saya (RO)      : "Ah nggak, ya biasa aja, sob. Loe kayaknya yang jarang muncul"


Seorang rekan : "He he he ... gua juga datang kalau pas lagi ada info-info acara saja. Kadang dikirim sms pemberitahuan, juga 1 hari sebelum acara atau pas hari itu juga. Suka mendadak. Jadi ya kalau bisa saja gua datang"
Saya (RO)      : "Masa sih? Hmm.."

Seorang rekan : "Lagian gua juga gak tahu bisa ngapain lagi di HIPMI, paling ikut-ikut acara gathering begini saja. Buka Puasa, sesekali acara seminar, ya gitu-gitu aja. Yang datang juga muka-muka itu-itu aja"
Saya (RO)      : "Kok loe gak pengen ikutan kepanitiaan atau berbagai aktivitas di HIPMI?"

Seorang rekan : "Emang ada? gua gak pernah tahu. Gak pernah ada yang memberi tahu juga. Jadi yaa, gua jadi anggota HIPMI ya sekedar anggota saja lah. Nggak tahu mau berharap apa. Loe sendiri gimana Rul? Udah dapat manfaat apa?"

======

Ilustrasi percakapan seperti di atas, sangat sering saya temui. Beberapa kali saya diskusikan dengan teman-teman yang lain, mereka selalu bilang "Ya itu tergantung masing-masing individunya lah , Sob. Buktinya kita semua bisa aktif"

Benar juga sih, tapi menurut saya, itu tidak sepenuhnya benar.

Ada yang belum optimal pada sistem / SOP di dalam tubuh organisasi HIPMI Jaya ini.
Ada yang belum optimal dalam orientasi tujuan dan program design pada tubuh organisasi HIPMI Jaya ini.

Adalah sebuah mindset yang belum terbentuk bahwa:
Organisasi HIPMI Jaya ini seharusnya memiliki orientasi 1 hal yang jelas: memberikan manfaat kepada seluruh anggota HIPMI Jaya, DAN MEMASTIKAN bahwa seluruh anggota HIPMI Jaya telah merasakan manfaat berada di dalam tubuh organisasi ini.

Inilah yang harus diwujudkan:

Semua Sukses Harus Menjadi Milik Semua


Bismillahirrahmaanirrahiim. Mohon dukungan rekan-rekan sekalian untuk mewujudkan semangat dan niat ini.

Best Regards,


Rully Oktavianto
Mobile : 0811 912 222
Pin BB : 216642B1
Twitter : @RullyOK
Email   : rully@pacific.net.id, rullyhipmi@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar